Tertarik Gajian dari Blog, Hingga Rela Lakukan Ini

Jika rajin ngeblog, Insyaallah uang segitu cepat baliknya."

Demikian potongan chat saya dengan seorang kawan, awal mula membuka jalan tentang uang dari blog. Hal yang meyakinkan saya bahwa 200 an ribu setahun untuk sewa domain itu, tidak ada ruginya. Meskipun jujur, waktu itu saya belum tahu, "Apakah dengan tiap hari ngeblog bisa dapat uang?" Batin saya.  

Sayapun akhirnya searching, cara dapat uang dari blog. Dan ternyata ada banyak jalan untuk mendapatkan uang dari blog. Kita bisa pilih beberapa diantara cara berikut: 

  1. Google Adsense
  2. Afiliasi Blog
  3. Endorsement
  4. Jual Jasa
  5. Jual Produk
  6. Lainnya

Dari keenam cara yang saya sebut itu, sepertinya nomor satu yang mesti saya coba. Karena nomo-nomor setelahnya, kemungkinan untuk mencobanya sangat kecil. 

Dengan bermodal domain .com saya coba daftar di Google Adsense. Apakah langsung diterima? Tidak. Terlebih dahulu saya belajar dahulu tentang Google Search Concole. Ada juga yang menyebutnya Google Web Master. 

Kenapa harus Google Search Console? Karena salah satu fasilitas dari Google ini penting sekali untuk pada blogger. Ibarat kata, ini merupakan bagian dari SEO nya blog. SEO atau Search Engine Optimization, merupakan langkah lanjut setelah kita konsisten menulis di blog. 

Baca Juga: Kumpulan E Book Bloger dari Mastrigus.Com

Domain sudah .com. Blog sudah didaftarkan di Google Search Console. Lalu saya daftar untuk kedua kalinya www.aansupriyanto.com. Ternyata pihak adsense, masih menolak juga. Kurang banyak kah artikel yang saya tulis? Atau memang susah, untuk lolos review Google Adsense? 

Justru saya jadi dibuat penasaran dengan itu. Saya coba bongkar template gratisan yang sudah terpasang di blog, dengan template premium. Dapat darimana, itu tempalate premium? Saya membelinya di salah satu penyedia template, dengan harga 200 an ribu.

Lanjut untuk daftar ketiga kalinya. Dan akhirnya, ditolak lagi hehe. Apakah menyerah, tidak. Domain sudah TLD (Top Level Domain), template sudah premium, tinggal Jangan nyerah saja, pasti lambat laut diterima. 

Nah benar, ternyata dalam pengajuan google adsense, selain navigasi blog nya ada dan mudah diakses, ada hal lain. About, Contact, Privacy Policy, dan Disclaimer wajib ada. Lengkapi keempat hal tersebut saat pendaftaran Adsesnse. 

Dan di pengajuan keempat, akhirnya dibalas dengan "senyuman". Blog anda siap menampilkan ikan. Iklan, Mas. Eh, salah.. iklan bukan ikan... 


Sukoharjo, 6 Februari 2021| Supriyanto

#menulis di blog jadi buku


0 Response to "Tertarik Gajian dari Blog, Hingga Rela Lakukan Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel