Blog Tak Melulu Harus Tulisan, Kombinasikan Ini Agar Menarik

Menulis di blog, akan menjadi keasyikan tersendiri. Anda bisa tulis apapun di sana. Tak hanya tulisan, blog yang sudah kita buat bisa menjadi sebuah dokumen yang luar biasa. Kita bisa mengkolaborasikan hal menarik di setiap postingan. Apa saja itu? Mari kita urai sama-sama. 

1. Youtube

Saya rasa salah satu produk Google ini tak asing di telinga. Kita bisa menyisipkan atau embed (menyematkan) video pada postingan blog. Baik itu video dari chanel kita, maupun video orang lain, tentu dengan tetap menyertakan sumbernya. 


2. Facebook

Layaknya youtube, faceebook juga demikian. Status FB, atau video yang kita unggah di kronologi atau Fanspage juga bisa kita sematkan. Tanpa harus kita beralih aplikasi, cukup bisa di baca, atau di play melalui posting blog. 

Baca Juga: Cara Embed (Sematkan) dan Sisipkan Video Facebook dalam Postingan Blog

3. Instagram

Jika anda terbiasa mengabadikan moment-moment anda di Instagram, apa yang anda simpan di aplikasi ini bisa juga di embedkan di unggahan blog anda. Aplikasi yang khas dengan foto dan video berdimensi 1:1 ini, bisa menjadi bumbu tersendiri dari posing blog anda.


4. Dokumen

Bagi anda yang terbiasa dengan pekerjaan kantor yang setiap hari berkutat dengan file-file word, excel, pdf, power point, anda bisa langsung menyematkan file-file tersebut dalam setiap unggahan blog. Dengan begitu file-file itu bisa sekaligus disimak dalam posting yang kita buat. 


Baca Juga: Cara Menyisipkan Dokumen PDF dalam Postingan Blog

5. Form

Google Form, Office Form bisa juga langsung kita sematkan di blog. Tujuannya, pengunjung blog bisa sekaligus mengisi di blog. Meskipun jika kita membuat linkpun, juga tidak masalah. Terlebih jika form tersebut berbentuk Quiz. 

Kuis yang digunakan sebagai bagian dari blog pembelajaran, bisa dikerjakan di blog. Tentu akan sangat membantu. Bisa sekalian memaparkan materi, bisa sekalian menjadi tempat mengerjakan kuis. 


6. Sway

Sudah pernah memanfaatkan salah satu produk dari Microsoft ini? Postingan blog kita, juga bisa dihias dengan Sway. Embedkan saja sway di blog. Jika anda buat sesuatu di Ms. Sway, bisa pula di sematkan di postingan-postingan blog anda.

Nah, jadi tulisan blog kita akan lebih variatif. Karena tak ada hal baku jika anda memposting di blog anda. Terlebih jika itu personal blog. Mau anda isi apapun, suka-suka anda, dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah yang tak melanggar aturan tentunya. 

Adakah yang terlewat dari enam di atas? Silahkan di explore sendiri, ya! 


Sukoharjo, 5 Februari 2021| Supriyanto

#menulis di blog jadi buku


1 Response to "Blog Tak Melulu Harus Tulisan, Kombinasikan Ini Agar Menarik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel