Laptop Ketumpahan Teh? Berikut Tips Mengatasinya

Kita tidak akan pernah berharap kejadian seperti ini menimpa kita. Akan tetapi apa boleh buat jika laptop kesayangan kita ketumpahan teh, kopi atau cairan sejenisnya. 

Business photo created by master1305 - www.freepik.com

Haduh, serasa mood tiba-tiba hilang. Apakah anda pernah mengalaminya? Saya baru saja. Tepatnya, malam Minggu kemarin saat sedang asyik-asyiknya belajar pembuatan aplikasi dengan SAC (Smart App Creator) tanpa saya sengaja segelas teh yang sedianya menemani malam saya kala itu, malah tertuang ke laptop saya.

Wah, agak panik waktu itu, karena kondisi laptop langsung off, alias mati. Kedepan, sebaiknya jauhkan minuman anda dari laptop. Baik itu air putih, teh, kopi atau yang lainnya. 

Tips Mengatasi Laptop yang Ketumpahan Teh

Jika anda mengalami hal serupa, berikut adalah tips mengatasi laptop yang ketumpahan teh, yang saya kutip dari merdeka.com dengan judul "Cara Tangani Laptop yang Tersiram Air, Pertolongan Pertama Sebelum Reparasi!"

1. Lepaskan Kabel Charger

Laptop yang terkena air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi dan mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air. Itulah kenapa harus dicabut. 

Untung saja waktu itu charger tidak dalam keadaan conect, jadi tidak perlu saya lepas. Hasil "pembedahan" laptop saya, memang ada korosi di motherboard nya. 

2. Balik Posisi Laptop
Kenapa harus dibalik? Ya agar air nya bisa keluar melalui celah keyboard. Usahakan agak lama agar semua cairan bisa keluar semua.

3. Bersihkan Bagian yang Basah

Gunakan tisue karena lebih cepat daya serapnya. Bila perlu cotton bud untuk menjangkau bagian-bagian seperti lubang kabel USB, lubang charger, layar, kamera layar, dan bagian kecil lainnya yang berpotensi terkena tumpahan air.

4. Letakkan di Dalam Beras

Nah, ini yang tidak saya lakukan dari artikel yang ditulis di merdeka.com. Karena kebetulan berasnya tinggal dikit hehe... Kalau HP atau smartphone mungkin masih muat, kalo laptop kegedean.

5. Pergi ke Reparasi

Sekarang jika tips-tips di atas sudah, saatnya membawa laptopnya ke reparasi. Jika anda tahu seluk beluk hadware, silahkan di service sendiri, kalau tidak, baiknya bawa saja di jasa servis. 


0 Response to "Laptop Ketumpahan Teh? Berikut Tips Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel