Turut Menyukseskan Estafet Tunas Kelapa Tahun 2023

Estafet Tunas Kelapa Tahun 2023 Kwartir Cabang Sukoharjo yang dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Agustus 2023, merupakan bagian dari kegiatan tingkat Kwarda Jateng. Kegiatan ini bertujuan dalam rangka lebih memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan generasi muda dan mewarisi sebuah nilai tradisi Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Turut Menyukseskan Estafet Tunas Kelapa Tahun 2023

Estafet Tunas Kelapa (ETK) merupakan kegiatan tradisi dan ciri khas dari kegiatan kepramukaan di Jawa Tengah yang sudah dimulai sejak tahun 1979, sekaligus sebagai kegiatan yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan sebagai alat untuk mencapai tujuan  Gerakan Pramuka yaitu membentuk manusia yang berkarakter, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur sebagai Warga Negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila.

Kegiatan ini dimulai dengan mengambil start dari 14 (empat belas) titik Kwartir Cabang Kabupaten/Kota, yang selanjutnya menuju satu titik di Kabupaten Pemalang sebagai pusat Peringatan 62 Tahun Gerakan Pramuka Tingkat Jawa Tengah.

Ide kegiatan ETK ini muncul pada bulan Februari 1967, yang dicetuskan oleh Kak Johnny Andries bersama Kak Adisucipto dan Kak marwoto dengan nama “Gerak Jalan tunas kelapa” nonstop siang dan malam. “Gerak Jalan tunas kelapa” mendapat dukungan dari Kak Kolonel Suparno yang saat itu menjabat Komandan Korem 073/Makutarama. Kegiatan yang benar-benar berjalan kaki ini hanya diikuti oleh Kwarcab di wilayah Korem 073/Makutarama di Salatiga.



Baru pada 9 s.d 13 Agustus 1970, “Gerak Jalan tunas kelapa” resmi menjadi kegiatan Kwarda Jateng dengan mengubah Namanya menjadi “Estafet Tunas Kelapa”. Pesertanya masih terbatas hanya se-wilayah Korem 073 Makutarama. Namun karena sesuatu hal, kegiatan ini dihentikan dan pada tahun 1978, Ketua Majelis Pembimbing Daerah, Kak Suparjo Rustam saat apel besar memperingati Hari Pramuka di Semarang meminta agar “Estafet Tunas Kelapa” ini diselenggarakan kembali. Kemudian Tahun 1979, Estafet Tunas Kelapa resmi dilaksanakan kembali menjelang peringatan Hari Pramuka.

"KAMI TERIMA TUNAS KELAPA UNTUK DITERUSKAN SAMPAI TUJUAN” demikian ucap Drs. H Agus Santosa selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartircab Sukoharjo yang juga Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo pada saat prosesi timbang terima dari Kawarcab Wonogiri, yang dilaksanakan di Balai Desa Gupit Sukoharjo, Rabu 23 Agustus 2023. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel