Guru Penggerak? Masih bisakah saya menyusul?

Hingga saat ini, Program Guru Penggerak sudah sampai di angkatan 11. Bagian dari Merdeka Belajar episode ke 5 ini, kemungkinan masih akan berlanjut, entah sampai di angkatan yang keberapa. 

Guru Penggerak? Masih bisakah saya menyusul?

Saya pribadi, baru bisa begabung di angkatan 11, yang InsyaAllah akan dimulai bulan Juni 2024 nanti. Kenapa angkatan 11? Kenapa tidak di angkatan 4, 7 atau di angkatan-angkatan sebelumnya, dimana Sukoharjo merupakan daerah sasarannya? Ah, sudahlah, yang jelas kemarin-kemarin belum tergerak ikut 🙂. 

Lebih tepatnya sudah mendaftar, akan tetapi tidak lanjut ke tahap selanjutnya. Itu terjadi di angkatan 7, karena di angkatan 4, sama sekali saya tidak belum tertarik. Meskipun di laman PKB saya, terundang malah sebagai Pengajar Praktik

Jadi waktu itu, saat informasi Program Guru Penggerak (PGP) angkatan 7, dipublikasikan, Kepala Sekolah saya pada waktu itu menyarankan daftar. Ya sudah, saya daftar, sesuai perintah. Akan tetapi ya daftar saja, hingga proses seleksi angkatan 7 selesai, status saya pendaftar  Guru Penggerak angkatan 7 saja. 

Lain cerita di angkatan 8, saya tertarik mengikuti PGP, dan mendaftar untuk ikut seleksi Pengajar Praktik (PP). Pertimbangannya mendaftar PP, karena di awal-awal Program PGP ini, saya terundang sebagai PP di akun SIM PKB saya. Disamping itu, masih ada porsi untuk pendaftar non lulusan GP. Karena di PGP angkatan 8 ini, tentu lulusan GP 4 sudah bisa ikut seleksi PP. 

Bagaimana hasilnya? Zonk 😁! Meski semua persyaratan telah selesai, ada satu langkah penting yang belum dilakukan, Klik Kirim Berkas. Alhasil, saya tidak lolos pada proses seleksi Pengajar Praktik angkatan 8.

Di angkatan 10, tepatnya di tahun 2023, posisi saya sudah bertugas sebagai Kepala Sekolah. Nah, di angkatan 10 ini, di tahapan pengisian esay, saya tidak bisa menyelesaikan tepat waktu, jadi memang gugur sejak awal. 

Baru di angkatan 11, setelah melalui dua tahap seleksi, akhirnya "diijinkan" untuk ikut Pendidikan Guru Penggerak. Jadi masih bisa ikutkan saya? 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel