Blog as Learning Media, Pelatihan Daring Pembuatan Blog dari SEAMOLEC

Banyak hal yang bisa kita dapat dari internet. Terlebih sebagai seorang guru, ada pelatihan-pelatihan daring (dalam jaringan) yang bersifat online yang dapat kita ikuti. Salah satunya adalah pelatihan dari SEAMOLEC.

Blog As Learning Media, Pelatihan Daring Pembuatan Blog dari Seamolec

Blog as Learning Media atau Blog Sebagai Media Pembelajaran adalah pelatihan pembuatan blog yang dapat kita gunakan sebagai media ajar. Teknis pelaksanaanya, kita login terlebih dahulu di web e training SEAMOLEC ( http://etraining.seamolec.org/), jika belum memiliki akun login, daftar terlebih dahulu, kemudian enroll.

Setelah kita terdaftar sebabagai peserta, yang bisa di cek di web nya e-training SEAMOLEC. Kemudian kita akan diundang untuk bergabung di grup WA (Whatsapp). Nah materi akan disampaikan melalui vicon (video conference) berbasis webex. 

Jabaran materi pada diklat daring Blog as Learning Media antara lain:
  1. Media Pembelajaran
  2. Pengenalan Blog
  3. Pembuatan Blog
  4. Penyusunan Materi Ajar
  5. Penambahan Materi
  6. Pengenalan Menu Blogger
  7. Mengubah Template
  8. Karya Akhir
Sebagai karya akhir dari pelatihan ini, masing-masing peserta akan diminta link blognya untuk dinilai berdasarkan kriteria dari panitia. Ada dua aspek yang dinilai, aspek pembelajaran dari postingan yang ada di blog dan aspek blog itu sendiri.

Dari aspek pembelajaran, blog setidaknya sudah memposting dua artikel. Masing-masing artikel terdiri dari materi disertai gambar dan video yang mendukung materi. Dapat juga kita menyisipkan dokumen word, pdf, maupun power point di dalamnya. Kemudian artikel materi dilengkapi dengan quiz yang dibuat dengan google form.

Sedangkan dari aspek blog, kriteria penilaiannya diantaranya terdapar header/judul blog. Selain itu menu-menu yang dibuat juga harus jelas, dan terhubung ke search label, profil pembuat blog juga di tempatkan di menu. Terakhir tidak ada link yang mati, serta navigasi-navigasi yang ditambahkan memudahkan pengunjung blog megakses isi blog.

Hasil belajar Blog as Learning Media, bisa diakses di sini: https://kelaspakpri.blogspot.com/

Peserta dinyatakan menyelesaikan tugas, jika nilai keseluruhan mencapai 80 poin. Mudah-mudahan menjadi pengalaman yang berharga untuk saya, pengetahuan dan semoga bukti pelatihan daring nya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lain. 

0 Response to "Blog as Learning Media, Pelatihan Daring Pembuatan Blog dari SEAMOLEC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel