Solusi NISN Tidak Ditemukan di Laman nisn.data

Melaksanakan tugas sebagai OPS (Operator Sekolah) terkadang gampang-gampang susah. Pasalnya ketika suatu saat kita terkendala  dengan suatu hal, rekan-rekan satu sekolah belum tentu bisa membantu. 

Solusi NISN Tidak Ditemukan di Laman nisn.data

Alhasil untuk menemukan jalan keluar, kita sendiri yang mesti pro aktif memanfaatkan semua sumber informasi. Sharing sesama OPS, konsultasi dengan OPK (Operator Kecamatan) atau dengan Dinas Pendidikan. Bisa juga dengan follow social media yang bisa kita percaya. 

Sebut saja salah satunya Instagram Pustekom Kemendikbud, yang bisa kita follow di @pustekkom_kemdikbud. Di sana kita bisa dapat update terbaru, yang boleh jadi ada kaitannya dengan tugas OPS.


Solusi NISN Tidak Ditemukan di Laman nisn.data

Dari @pustekkom_kemdikbud 21 Februari 2022 berikut masalah berkaitan dengan NISN dan solusinya:

Masalah dan Solusi:

1. Mengapa NISN belum terbit?

Penjelasan:
Bagi perserta didik yang belum pernah memiliki NISN sebelumnya, secara otomatis sistem akan menerbitkan NISN dengan syarat:
  1. Peserta Didik bersekolah di satuan pendidikan yang telah memiliki NPSN
  2. Peserta Didik belum memiliki NISN di basis data induk peserta didik
  3. Peserta Didik terdata dengan LENGKAP, maksudnya semua variabel sudah terisi, meliputi: NIK, Nama Peserta Didik, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nama Ibu Kandung. 
    LOGIS, maksudnya data yang diinputkan sudah sesuai dengan dokumen yang ada dan memenuhi persyaratan yang berlaku. Seperti contoh untuk kelogisan tanggal lahir, pastikan umur peserta didik sudah sesuai dengan persyaratan kewajaran umur  bersekolah.
  4. Perekaman data peserta didik merujuk pada data DUKCAPIL. 


Solusi:
Lakukan perbaikan data Peserta Didik melalui aplikasi verval.pd.kemdikbud.go.id yang dilakukan oleh operator sekolah masing-masing.


2. Mengapa NISN tidak tampil di aplikasi VervalPD?

Penjelasan:
Penyebab NISN peserta didik yang sudah terisi di aplikasi pendataan (Dapodik/Emis) namun tidak tampil di aplikasi VervalPD:
  1. Tidak menggunakan mekanisme Tarik Data, ketika melakukan registrasi masuk peserta didik di aplikasi pendataan.
  2. Data tidak terisi dengan lengkap atau logis, atau salah satu/beberapa variabel data peserta didik yang direkam berbeda dengan data pada arsip pusdatin/berbeda dengan sebelumnya.

Solusi:
1. Lakukan perbaikan data Peserta Didik melalui aplikasi verval.pd.kemdikbud.go.id yang dilakukan oleh operator sekolah masing-masing.
2. Setelah data peserta didik diperbaiki, kemudian Operator Sekolah dapat mengajukan Edit Data NISN/Klaim NISN melalui aplikasi VervalPD. Dengan catatan, NISN yang akan diklaim berstatus Tidak Aktif (Data peserta didik sudah dikeluarkan dari pendataan sekolah sebelumnya) dan merupakan milik peserta didik yang bersangkutan (identitas padan) dan bukan milik peserta didik lain. 


3. Mengapa NISN tidak ditemukan pada saat pengecekan di laman nisn.data?

Penjelasan:
Penyebab NISN tidak ditemukan pada saat pengecekan di laman nisn.data:
  1. Salah menginputkan variabel data peserta didik, sehingga data NISN tidak ditemukan.
  2. NISN tidak valid, NISN terdeteksi ganda, atau NISN tidak ditemukan di data induk peserta didik.


Solusi:
1. Pastikan variabel data peserta didik yang diinputkan pada saat pengecekan NISN sudah benar.
2. Koordinasi dengan Satuan Pendidikan, Dinas Pendidikan setempat atau bisa juga menghubungi ULT Kemdikbud di http://ult,kemdikbud.go.id


Jadi apakah OPS perlu follow akun-akun media sosial, seperti @pustekkom_kemdikbud? Jawab sendiri ya..!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel