Laporan Pengembangan Diri Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21 Level 200

Semua mengalir begitu saja. Ketika info pelatihan ini mampir via WA mesenger, dengan kata penutup, KUOTA TERBATAS. Daftarlah akhirnya. Benar saja, di angka 27 total jumlah peserta, form yang beredar, sudah ditutup.

Tak lama terjeda, para peserta dirajut dalam WA Group. Tak asing dengan kawan-kawan yang ada di sana, karena memang sudah sering berinteraksi dengan sebagiannya. Meski tak semuanya kenal secara dekat.

RINGKASAN MATERI

Materi pokok yang disajikan dalam Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21 Level 200 adalah sebagai berikut: 
1.Fitur-fitur Pembelajaran di Power Point Online
Aplikasi Office yang tersedia dalam paket A1 Office365 diantaranya Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint. Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21 Level 200 dikupas sedikit fitur dari Powerpoint online yang tersedia di Office365, diantaranya:
  1. Designer
  2. Present Live & Live Caption And Subtitles
  3. Rehearse With Coach

2. Merekam Konten Pembelajaran di Microsoft Sreams
Microsoft stream adalah sebuah layanan video dimana anggota organisasi bisa mengunggah, melihat dan membagikan sebuah video. Fitur yang tersedia di Ms. Stream:

  1. Create Group
  2. Upload Video
  3. Screen Recording
  4. Interactivity

3. Optimalisasi Pekerjaan Guru
Microsoft 365 menyediakan salah satu fitur yaitu Power Automate. Dengan fitur ini kita dapat mengoptimalkan penggunaannya untuk mempermudah pekerjaan guru. Layanan ini memungkinkan pengguna dapat melalukan automasi, dengan hanya siswa mengisi form. Setelah form terisi otomatis balasan akan masuk ke email respoden. Balasan dapat berupa teks, link, attachment nya juga bisa berupa dokumen, gambar, maupun sertifikat, dll.

Baca Juga: Laporan Pengembangan Diri Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

4. Menggunanakan Microsoft Teams Secara Lebih Mendalam
Materi ini mengulas fitur-fitur Microsoft Teams untuk memaksimalkan aktivitas kelompok. Fitur-fitur terbaru pada Microsoft Teams antara lain :lanjutan dari ToT Guru Inovatif 2020

  1. Large Gallery View 7 x 7
  2. Together Mode
  3. Breakout Rooms
  4. Spotlight
  5. Insights
5. Gamifikasi dalam Kegiatan Pembelajaran
Peserta didik kita tentu lebih familiar dengan game. Untuk itu ada layanan game atau permainan dari Microsft yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Layanan tersebut adalah Minecraft Education.



File Word, Laporan Pengembangan Diri Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21 Level 200, ada  DI SINIDOWNLOAD LAPORAN PD


Selamat untuk Master Trainer Pelatihan ini, Agus Dwianto, M.Pd. yang diakhir kegiatan ditetapkan sebagai MIE Fellow (Microsoft Innovative Educator Fellow). Kegiatan penutupan yang dihadiri Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Pak Iwan Syaril ini, juga sebagai tanda dibukanya Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21 Level 200. 

Loh, katanya tadi sudah penutupan, kenapa baru dibuka? Seperti yang saya tulis sebelumya (Klik di sini), kegiatan yang saya ikuti merupakan bagian dari Diseminasi TOT Master Trainer. Jadi kita diajak "nyicip" materinya terlebih dahulu, sebelum disajikan ke banyak orang


0 Response to "Laporan Pengembangan Diri Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21 Level 200"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel