Boleh Tahu, Kenapa Ngeblog?

2012, Tepat tanggalnya saya lupa. Untuk pertama kalinya saya coba membuat blog. Waktu itu saya gunakan blogspot untuk mencoba membuat blog perdana saya. Bermodal Netbook Axxio Pico dan langganan data internet dengan modem Huawei, saya mencoba utak-atik itu blog. 

Asyik memang, akan tetapi keasyikan itu akhirnya sampai pada titik kebuntuan. Kenapa? Pertama, saya belajar autodidak, jadi ngasal saja. Kedua, belum punya tujuan jelas untuk apa kedepannya blog saya itu. Ketiga, waktu. Belum bisa membagi waktu antara ngajar dan ngeles. Karena waktu itu selepas ngajar di sekolah, saya lanjut mengajar di bimbingan belajar. 

Agaknya, tiga alasan utama itulah meski sudah pernah mencoba membuat blog di tahun itu, akan tetapi hingga tahun 2018 blog itu tidak saya apa-apakan. Bulan Mei 2018 dalam sebuah pelatihan menulis artikel di media massa, yang pada waktu itu di selenggarakan oleh Sang Pengajar.Com, saya tertarik dengan penyelenggara yang menyampaikan sebagian kegiatannya melalui blognya. Saya coba kepoin  blog nya, ternyata luar biasa. Ada arsip kegiatan, ada catatan pribadi, ada ide, ada video, ada banyak hal, inspiratif. 

Baca Juga Belajar Menulis Artikel Bersama Sang Pengajar.Com dan Jateng Pos


Keren ini, dengan satu jawaban, "Silahkan mampir ke blog saya!" bisa menjadi salah satu cara membuka perkenalan, bisa juga menjadi sarana Personal Branding. Sejak saat itu saya terinspirasi untuk kembali membuka blog usang milik saya itu. Tapak kembara.blogspot.com itu nama blog pertama saya.  Setelah itu saya coba menghubungi Mas Agus Dwianto. Owner Sang Pengajar.Com untuk mengajari saya ngeblog. 


Tak enak hati kalo saya hanya japri, “Mas ajari ngeblog, dong” atau sejenisnya. Sayapun akhirnya berniat menggunakan jasa pembuatan blognya, sebagai media saya untuk bisa belajar lebih tentang blog dari masternya. Sambil membuka blog usang itu, sambil mencoba menyerap sebagian pengetahuan dari Penerima Anugrah Peduli Pendidikan Tahun 2015, kategori blog ini. 

Baca Juga Agus Dwianto-Teacher, Blogger, Trainer, Penerima Anugerah Peduli Pendidikan Tahun 2015

Dan hasilnya Tepat pada pada Mei 2018, sedikit demi sedikit blog saya, saya isi dengan catatan-catatan kegiatan. First Post blog saat itu berkaitan dengan UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia). Kemudian. Kemudian catatan kegiatan terkait dengan pelaksanaan pelatihan menulis, bareng Sang Pengajar.Com dengan Jateng Pos. 

Bingung juga, blog mau diisi apa, padahal sebenarnya, apapun bisa kita tulis.  Akhirnya sementara hanya saya isi dengan catatan catatan kegiatan saja. Sambil terus belajar familiar dengan blog. Tentang bagaimana membuat judul, menata paragraf, mengelompokkan tulisan ke dalam label. Dan hal-hal lain terkait blog yang coba saya eksplore sendiri. 

So, sudah tahu kan alasannya kenapa saya ngeblog? Selain apa yang coba saya tulis di atas, ada hal-hal lain yang tentunya. InsyaAllah akan coba saya tuliskan di tulisan berikutnya.  


Sukoharjo, 1 Februari 2021| Supriyanto

#menulis di blog jadi buku


0 Response to "Boleh Tahu, Kenapa Ngeblog?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel