7 Manfaat Membuat Blog, dari Sekedar Hobi Hingga Sumber Uang

Setiap orang memiliki motivasi berbeda dalam membuat blog. Ada yang sekedar menyalurkan hobi menulis, menuangkan cerita tentang hari-harinya, hingga ada yang serius menekuni blog untuk mengumpulkan rupiah. 

7 Manfaat Membuat Blog, dari Sekedar Hobi Hingga Sumber Uang

Nah, berikut 7 manfaat blog versi saya, anda termasuk kategori mana? Mari kita simak! 

7 Manfaat Membuat Blog

1. Meningkatkan Keterampilan Menulis

Tidak bisa tidak, blogging tak akan bisa lepas dari aktivitas menulis. Menulis di blog akan meningkakan kemampuan menulis kita. 

Punggung pisau yang tidak tajam pun jika tiap hari diasah lama-kelamaan tajam juga. 

Jika kita ingin menjadi seorang blogger, mau tidak mau kita harus rutin menulis, minimal seminggu sekali. Menulis menjadi sebuah kebutuhan untuk mengisi blog. Coba bandingkan kualitas tulisan Anda, ketika pertama kali punya blog dengan beberapa waktu belakangan ini, pasti berbeda bukan?


2. Menambah Jaringan Pertemanan

Artikel atau tulisan yang kita posting di blog, memungkinkan ditemukan banyak orang. Baik itu yang kenal dengan kita, ataupun yang belum sama sekali. Kolom komentar di blog dapat kita gunakan sebagai wadah komunikasi.

Komunikasi itu bisa saja berawal dari perkenalan dan respon pengunjung terhadap unggahan kita. Apalagi jika di blog kita menyematkan akun facebook atau media sosial yang lain, tentu akan menambah jaringan pertemanan.


3. Menjadi Hobi Baru

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Menulis merupakan kegiatan yang berpeluang membuka banyak pintu. Artinya dengan menulis, kita dapat menjemput pengalaman baru sampai pada akhirnya menjadi hobi baru. 

Bagaimana caranya? Tentu dengan cara menulis di blog. Lambat laun, blogger akan perlahan belajar tentang monetize, mendesain, fotografi, bahkan publikasi tulisannya secara masif. 

4. Memiliki Arsip Pribadi yang Mudah Ditemukan

Pernah suatu saat ada teman guru yang menanyakan suatu hal. Kebetulan hal tersebut, pernah saya tulis di blog. Langsung saja saya kasih link blognya. Blog bisa menjadi arsip pribadi yang mudah ditemukan. Tinggal ketik saya di search engin plus nama blog yang dimaksud, maka akan muncul di beranda google.

5. Sarana Aktualisasi Diri

Aktualisasi diri merupakan hal yang penting. Blog bisa menjadi sarana untuk itu. Tidak hanya menulis, seorang blogger akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan seluruh aktivitas blogging. Melalui blog, kita bisa menunjukkan pada khalayak bahwa kita memiliki kemampuan di suatu bidang.  

6. Sebagai Pekerjaan Baru

Semakin banyak potensi yang kita bagikan melalui blog, semakin banyak portofolio yang kita punya. Hal tersebut akan membangun opini pembaca terhadap citra diri kita. Jangan heran jika kemudian kita ditawari pekerjaan-pekerjaan baru. 

Narasumber, membantu mempublikasikan produk, ulasan produk dan jasa, conten placement  dan lain sebagainya melalui blog kita. 

7. Media Pembelajaran

Bagi seorang guru, blog juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Kita bisa menyusun materi, dilengkapi dengan gambar maupun video, maupun media interaktif lainnya. Bisa juga sekaligus evaluasi melalui Google form maupun Office form yang disematkan dalam postingan blog. 


Nah, itu tadi adalah 7 manfaat membuat blog, dari sekedar hobi hingga sumber uang. Jadi, kapan blogmu mau diisi lagi?


Sukoharjo, 9 Februari 2021| Supriyanto

#menulis di blog jadi buku


0 Response to "7 Manfaat Membuat Blog, dari Sekedar Hobi Hingga Sumber Uang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel