Geguritan, Cerpen, Catatan Pribadi, Tutorial, Cerita Motivasi Pernah Tercatat di Blog

....

Aku ya mung sak derma

Sak derma kandha prasaja

Umpama nora mranani penggalihmu,

Tulung diapura

Potongan Geguritan dengan judul Tulung Lalekna, pernah saya tulis. Selain geguritan terkadang saya juga menuliskan postingan tentang Jawa Bijak. Apa itu? Itu adalah pitutur yang jumpai dalam keseharian saya.

Geguritan, Cerpen, Catatan Pribadi, Tutorial, Cerita Motivasi Pernah Tercatat di Blog

Berbudi bawa laksana. Kebentus ing tawang kesandhung ing rata. Tega larane ora tega patine, adalah beberapa tulisan tentang pitutur luhur masyarakat Jawa. Saya coba tuliskan dengan pengantar bahasa Indonesia. 

Menjadi pembawa acara event kedinasan pernah, mewakili kepala sekolah sering, traveling hayuk. Itu semua bisa kita tulis. Kapan, dimana, di sana aktivitasnya seperti apa, apa yang didapat kala itu, bisa kita abadikan. 

Seringkali selain saya tulis, ada dokumentasi yang terkadang saya buat video. Foto dan video terkadang juga saya gabung, kemudian diunggah di youtube. Video dari youtube tersebut bisa kita sematkan di postingan blog. 

Tak hanya itu, terkadang selain youtube, video saya unggah di instagram atau facebook. Update instagram maupun facebook juga bisa kita embedkan. Itu menjadi sebuah moment yang terkadang beberapa waktu setelahnya, saya lihat lagi.  

Di Personal Blog saya, pernah juga saya menuliskan sebuah Cerpen berjudul "Sebakul Nasi dan Catatan Kecil Seorang Professor". Cerita motivasi tentang seorang Profesor Indonesia yang menempuh pendidikan di Jepang. Masa kecilnya yang serba terbatas, hingga perjuangannya menempuh studi dari beasiswa.


Cerita Pendek tentang Pak Prof Warsito Purwo Taruno itu, menjadi pemantik diri. Sebagai sebuah inspirasi tersendiri bagi diri ini. Asal daerah sama, pernah mengenyam pendidikan di SMA yang sama. Hanya tekad dan ketekunan yang membedakannya. 

Dari semua yang pernah saya tulis, entah kapan waktunya, suatu saat pasti saya membutuhkannya. Seperti halnya ketika seorang kawan menanyakan, "Buku apa yang mudah ditulis, untuk bisa digunakan sebagai syarat naik pangkat?"

Tentu akan saya jawab, "Buat saja buku Kumpulan Cerpen atau Kumpulan Puisi?" Saya lanjut dengan menyodorkan link blog, beberapa Cerpen yang pernah saya tulis. Belum sebagus Mas Ken Hanggara memang, cerpen karya saya. 

Akan tetapi paling tidak, kita punya karya hasil tulisan kita sendiri. Belum semenarik Cerpen Pak Seno Gumira Aji Darma juga, tapi setidaknya ada jenis-jenis tulisan tertentu yang bisa jadi pilihan. 


Sukoharjo, 10 Februari 2021| Supriyanto

#menulis di blog jadi buku


0 Response to "Geguritan, Cerpen, Catatan Pribadi, Tutorial, Cerita Motivasi Pernah Tercatat di Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel