Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Digital di Lingkungan Pemda Sukoharjo

"Diklat materinya apa, Bro?" Begitu pertanyaan yang sering terlontar. Atau begini, "Boleh dong dibisikan kira-kira gelombang selanjutnya suruh apa?" Jika diklatnya bergelombang. Tidak perlu bisik-bisik, "tak critani wis".

Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Digital di Lingkungan Pemda Sukoharjo

Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Digital di Lingkungan Pemda Sukoharjo merupakan Program yang diadakan oleh Pemda bekerja sama dengan salah satu lembaga pendidikan di Kota Surakarta, Dian Nusantara. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol covid-19.


MATERI PLATIHAN

1. Power Point
Dari jabaran materi yang tertulis di jadwal, ada tiga materi utama menurut saya. Power Point, Canva dan Video Pembelajaran. Yang pertama adalah PPt alias Power Point. Jangan remehkan aplikasi office ini. Banyak yang belum kita gali lebih dalam dari aplikasi ini.

Berawal dari aplikasi ini kita bisa buat banyak hal. Dari yang hanya presentasi biasa, hingga presentasi luar biasa. Bahkan kita bisa buat aplikasi bermodal aplikasi sejuta umat ini. Tentu dengan tahap-tahapan tertentu.

Materi Power Point

2. Canva
Berikutnya adalah canva, www.canva.com. Apa itu canva? Canva boleh dibilang aplikasi desain grafis berbasis online. Mirip poster my wall dan sejenisnya. Dengan canva ini, kita bisa buat banyak hal.

Tak perlu jago desain bak master corel draw atau photoshop cukup drag and drop, semuanya beres. Mau buat poster, story IG, logo,  asset video, thumbnail youtube, jadwal pelajaran dan lain lain dan sebagainya, OK.

Beberapa contoh desain dengan Canva,
Klik aja tombol Play nya

3. Video Pembelajaran dengan Kinemaster
Berikutnya adalah pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi utama Free Kinemaster. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play.

Dengan Kinemaster gratis saja kita bisa buat video pembelajaran yang luar biasa. Aset yang sudah kita buat melalui power point, canva bisa kita ramu untuk tersaji menjadi sebuah video pembelajaran.

Video Pembelajaran dengan Free Kinemaster

Selain ketiga materi di atas, ada materi lain juga. Google form, drive dan Quiziz. Eh, adakah yang penasaran dengan behind the scene nya? ada kok liputannya. Ini dia.


"Guru harus bisa IT, apalagi tahun depan sudah e-kinerja."  Pesan dari PLT Kepala BKPP Sukoharjo, Sumini saat menutup kegiatan.

1 Response to "Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Digital di Lingkungan Pemda Sukoharjo"

  1. Terima Kasih informasinya,

    Sangat membantu sekali.

    Oiya ini ada info siapa tahu berkenan untuk Anda

    Ada Pelatihan Pembuatan Website Khusus Sekolah, dan dapat free hosting dan domain.sch.id, domain tersebut bisa digunakan untuk Deploy Microsoft 365 atau GSuite dari Google Apps for Education.

    info lebih lanjut :
    https://manajemenpendidikan.net/website-sekolah/workshop-online-website-sekolah-tahap-3-free-hosting-dan-domain-sch-id/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel