Mantab Beralih dari Blogspot Gratis ke Domain Berbayar .Com

Jika ada yang gratis kenapa mesti bayar? Lantas kenapa saya pakai .com, kenapa tak pilih yang gratis saja? Mungkin itu benar, lebih baik pilih gratisan daripada harus bayar. Akan tetapi ada alasan tersendiri kenapa saya memutuskan untuk beralih ke domain berbayar. Dari yang awalnya aansupriyanto.blog.blogspot.com berganti nama menjadi aansupriyanto.com

Jangan main di blogspot, langsung main domain, Bro!" 

Saran seorang sahabat saya. Penulis buku cerita anak "Hantu Peniru Suara dan Botol Ajaib.  

"Lagi belajar, konsisten nulis," jawa saya, kala itu. 

Justru untuk konsisten nulis, jangan di gratisan, karena gak ada rugi kalo gak nulis, bikin males." 

Sambungnya lagi. 

Awalnya saya ingin bertahan di blogspot, dengan memaksa untuk belajar konsisten menulis. Akan tetapi "tamparan keras" dari sahabat saya itu menjadi pelecut bagi saya, bahwa mungkin sarannya itu ada benarnya. 


Meskipun pada saat itu belum tahu persis apa itu domain dan seluk beluknya, akhirnya saya putuskan untuk beli domain. Lantas dimana belinya, harganya berapa? Itu pertanyaan selanjutnya. Lalu bagaimana prosesnya? 

Lagi-lagi owner SangPengajar.Com muara dari semua pertanyaan itu. Jawabnya, jika ingin blogspot berakhiran .com, cukup dengan cara custom domain. Custom domain dari aansupriyanto.blog.blogspot.com ke domain baru sesuai keinginan kita dengan akhiran .com, .net, .my.id, .id., .sch.id untuk sekolah atau extensi lainnya.   

Baca Juga Cara Custom Domain Blogspot Sekolah Menjadi .sch.id

Woalah, gitu toh ternyata. Jadi tinggal beli domain, kemudian diproses, dan jadilah nama baru untuk blogspot kita. Saya pikir untuk bisa berakhiran .com kita harus punya website. Ternyata blogspot bisa juga berakhiran .com. 

Alhasil diproseslah pesenan domain saya oleh Mas Agus (Agus Dwianto). Dengan deal harga, plus biaya setting di blogspot saya. Jujur, saat itu ingin sekali saya bisa pasang sendiri, mroses sendiri. Tapi saya belum berani bilang. 

Baca JugaMenambahkan Sub Domain di Blogger, Gampang Kok

Saya lebih kepada menjaga komunikasi baik dengan beliau. Dengan begitu akan banyak hal yang akan dapat kedepannya, hehe modus. Meskipun pada akhirnya, diberikan juga akses pengelolaan domain itu sepenuhnya. Bahkan dengan satu domain itu, saya sudah bisa membuat beberapa sub domain setelah saya diijinkan mengelola mandiri.

Jadi kenapa saya mantab beralih dari blogspot gratis ke domain berbayar .com, jawabannya tak lain adalah KONSISTEN MENULIS. Sudah merogoh kocek untuk sewa domain, masak iya isinya nggak ada? 


Sukoharjo, 3 Februari 2021| Supriyanto

#menulis di blog jadi buku


0 Response to "Mantab Beralih dari Blogspot Gratis ke Domain Berbayar .Com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel