Cara Mengaktifkan Custom Thumbnail pada Video Youtube

Warganet tentunya sudah tidak asing dengan youtube. Lalu, apa itu thumbnail Youtube? Thumbnail video youtube adalah gambar kecil yang dipasang di bagian awal video. Bisa dibilang jika thumbnail adalah cover video. Seperti halnya cover pada sebuah buku.

Kenapa disebut dengan thumbnail? Itu karena gambarnya berukuran kecil, hanya sebesar kuku ibu jari manusia. Meskipun kecil, tapi manfaat yang dimilikinya sangat penting untuk konten video yang diupload pada youtube.


Kita dapat menyesuaikan thumbnail youtube kita, dengan terlebih dahulu mengaktifkan Custom Thumbnail. Bagaimana langkahnya? Berikut adalah cara mengaktifkan custom thumbnail pada akun youtube.  

1. Login ke akun Youtube, Kemudian masuk ke Youtube Studio atau klik DI SINI
2. Akan terlihat tulisan Verifikasi, disamping profil channel, klik tulisan verifikasi tersebut.


3. Setelah itu pilih negara, kirimi saya SMS..., tuliskan nomor telepon Aktif , klik kirim.


4. Tunggu hingga kode verifikasi dikirim melalui sms, kemudian tulis 6 digit nomor tadi, selanjutnya klik kirim.


5. Proses verifikasi telah berhasil.

Nah, langkah mengaktifkan custom thumbnail sudah selesai. Selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan berkaitan dengan thumbnail Youtube. Pertama, ukuran atau resolusi dari thumbnail yang kita buat harus sebesar 1280x720 (dengan batas minimum lebarnya adalah 640 pixel). Kedua, format gambar yang diupload sebagai thumbnail adalah JPEG, PNG, GIF, dan BMP.

Ketiga, kapasitas gambar thumbnail yang diupload tidak lebih dari 2 MP. Keempat, gunakan rasio 16:9 untuk menciptakan thumbnail yang pas dan jelas. Kelima, menurut kebijakan dari youtube, thumbnail yang kita buat, juga jangan mengandung unsur negatif yang akan memberikan dampak buruk bagi pengguna youtube yang melihatnya.

Demikian, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengaktifkan Custom Thumbnail pada Video Youtube"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel