Arsip Soal OSN Matematika dan OSN IPA Tingkat Provinsi Tahun 2019

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kompetensi tahunan yang diadakan untuk siswa. Biasanya kegiatan ini diadakan secara berjenjang. Diawali dari seleksi tingkat sekolah, hingga tingkat nasional.

Tahun 2019 ini kebetulan saya tidak bertugas. Biasanya agenda tahunan seperti ini saya dan teman-teman Tim Lomba Kecamatan terlibat di dalamnya. Mulai dari penyusunan soal OSN, pelaksanaan kegiatan seleksi, koreksi, hingga pengumuman pemenang.


Ketidakterlibatan Tim tahun ini dalam penyusunan soal OSN Matematika SD maupun soal OSN IPA SD, mungkin karena ada beberapa pertimbangan dari K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah), sehingga kegiatan tersebut ditangani langsung oleh beliau-beliau. Meski demikian ada beberapa anggota yang dimintai bantuan, tetapi tidak semuanya.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa mapel (Mata Pelajaran) yang dilombakan dalam OSN ada 2 macam. Mata Pelajaran Matematika dan IPA. Juara 1,2 dan 3 baik Matematika maupun IPA tingkat kecamatan akan berkompetisi satu tingkat di atasnya, kabupaten tentunya.

Kira-kira seperti apa ya, soal OSN tingkat provinsi tahun 2019? Bagi temen-temen, bapak ibu guru, mungkin pemikirannya sama dengan saya. Seperti apa kiranya soal-soal OSN Matematika SD atau soal OSN IPA SD tingkat provinsi tahun 2019 ini. Untuk itu berikut arsip saya, yang saya peroleh dari salah satu kawan saya.

Soal OSN IPA SD Tingkat Provinsi Tahun 2019 (Unduh di Sini)

Soal OSN Metematika SD Tingkat Provinsi Tahun 2019 (Unduh di Sini)

Demikian mudah-mudahan rasa penasaran saya juga mungkin bapak ibu wali murid dan rekan-rekan guru dapat terobati. Terimakasih dan salam semangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel