Tips Menjadi Bendahara BOS (Bantuan Operasional Sekolah)

Mendapat tugas sampiran sebagai bendahara BOS memang tidak mudah. Diperlukan komitmen dan dukungan dari berbagai pihak. Baik dari pimpinan, bendahara lama, jika masih bertugas di sekolah tersebut, juga dari rekan-rekan sesama warga sekolah.

Tips Menjadi Bendahara BOS (Bantuan Operasional Sekolah)

Jika semuanya saling bersinergi, maka tanggung jawab yang tidak mudah itu, akan dapat dilaksanakan dengan lancar, minim kendala. Akan tetapi jika hal itu tak dapat dilakukan, maka tugas berat menanti Sang Bendahara. Meskipun secara hitam di atas putih, dalam SK Managemen BOS Sekolah tidak hanya bendahara saja yang bertanggung jawab.

TIPS UNTUK BENDAHARA BOS BARU

Berikut tips bagi bendahara baru, berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa rekan-rekan bendahara.

1. Komitmen yang kuat

    Bendahara BOS memerlukan komitmen yang kuat. Selain tugas utama sebagai guru sudah cukup memerlukan waktu dan pemikiran, tugas tambahan sebagai bendahara tentu diperlukan waktu dan pemikiran ekstra. Jika di SMP atau SMA mungkin sudah ada petugas khusus untuk hal tersebut. Akan tetapi pada jenjang SD tentu mau tidak mau salah seorang guru, akan ditunjuk sebagai bendahara BOS.

    Untuk itu modal utama seorang bendahara adalah komitmen yang kuat. Bayangkan, apa jadinya kelangsungan sekolah jika tidak ada dana BOS. Untuk sekolah swasta tentu tak jadi soal, ada sumber pendanaan lain, akan tetapi sekolah negri, BOS lah sumber pendanaan utama.

    Buku-buku siswa, perpustakaan, pemeliharaan sekolah, copy soal ulangan, UTS, Ujian semua bersumber dari dana BOS. Honor penjaga sekolah, Guru Wiyata Bhakti juga dari BOS. Jika tidak ada yang mengambil peran untuk menjadi bendahara, apa jadinya nanti sekolah?

    2. Kuasai office dasar, terutama microsoft excel

    Tak hanya bendahara BOS, guru secara umum pun wajib menguasai microsoft office. Dalam proses penyusunan laporan BOS tentu membutuhkan itu. Terlebih aplikasi microsoft excel, karena penyusunan rencana anggaran, pembuatan buku kas, dan lain-lain terkait dengan hitung-menghitung akan lebih cepat dan terperinci dengan excel.

    3. Pahami aturan dan juknis

    Setiap tahun kemdikbud akan memperbaharui petunjuk teknis BOS. Maka dari itu sebagai seorang bendahara, harus punya arsip dokumennya. Pahami aturan yang ada, kuasai juknis terbaru.

    Bisa jadi aturan di tahun lalu, tidak berlaku di tahun ini, atau sebaliknya. Selain itu aturan berkaitan dengan BOS juga perlu diketaui. Tentang cut off data siswa melalui DAPODIKDASMEN misalnya, dan lain sebagainya.

    4. Selalu koordinasi dengan Tim Manajemen BOS sekolah, dan petugas lain di sekolah.

    Di dalam SK Manajemen BOS Sekolah tentu ada personil-personil yang tertulis di situ. Maka koordinasi diantaranya penting. Selain itu koordinasi juga dengan Operator Dapodik. Karena pencairan dana BOS akan disesuaikan dengan jumlah siswa di dapodik, Pelapooran BOS online juga demikian, akun login nya menggunakan akun login DAPODIKDASMEN.

    Selain itu, juga koordinasi dengan petugas aset. Petugas yang ditunjuk mengelola aset sekolah. Inventarisasi tentunya berkaitan dengan belanja barang dana BOS. Itu perlu disamakan pelaporannya. Jangan sampai belanja barang modal untuk inventaris sekolah yang bersumber dari dana BOS, tidak tercatat di inventaris sekolah.

    4. Aktif di forum bendahara BOS

    Wadah atau forum sesama bendahara BOS tentu di masing-masing kecamatan ada. Untuk itu jika ada kendala, masalah, maka di forum itulah menjadi ajang sharing dan berbagi pengalaman. Selalu aktif di forum tersebut akan mempercepat pemahaman tentang seluk beluk BOS.

    5. Sharing dengan sesama bendahara BOS dan Tim Manajemen BOS Dinas Pendidikan

    Tips yang terakhir adalah sharing dengan sesama bendahara BOS dan Tim Manajemen BOS Dinas Pendidikan. Meskipun sudah ada forum, akan tetapi mungkin sungkan untuk menyampaikan di depan umum. Sharing dengan salah satu diantaranya tentu akan lebih efektif. Selain itu berkonsultasi dengan Tim Manajemen BOS Kabupaten tentu akan memperoleh penjelasan lebih gamblang.

    Demikian tips menerima tugas tambahan sebagai bendahara BOS. Selamat bertugas, jaga tubuh selalu sehat dan tetap semangat.

    0 Response to "Tips Menjadi Bendahara BOS (Bantuan Operasional Sekolah)"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel