Seno Nugroho-Dalang Fenomenal Asal Bumi Mataram, Yogyakarta

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Begitu mungkin peribahasa yang tepat untuk menggambarkan tentang Ki Seno Nugroho. Dalang Fenomenal yang akhir-akhir ini video-videonya bisa kita lihat di youtube.

Seno Nugroho-Dalang Fenomenal Asal Bumi Mataram, Yogyakarta
Sumber, Youtube: Dalang Seno, dalam Lampahan Wiratha Parwa
"Bapak saya seorang dalang, namanya Ki Suparman, kakek saya juga dalang," ungkap Pak Seno mengawali kisahnya. "Menurut sejarah, kakek-kakek saya juga dalang, jadi bisa dibilang saya keturuan dalang," lanjutnya.

Sejak kecil Seno sudah mencintai wayang, karena memang darah seni pedhalangan mengalir dalam dirinya. Namun demikian, titik awal motivasinya untuk menjadi dalang, saat berusia SMP. Waktu itu oleh sang ayah, ia diajak menyaksikan Pentas Wayang di Sasono Inggil Dwi Abad Yogyakarta.

Pada pakeliran yang ia saksikan, Ki Manteb Sudarsono lah yang membawakan lakon. Kepiawaian Dalang Kondang "Oskadon Oye" asal kelahiran saya, Karanganyar inilah yang melecutkan semangatnya. 

"Beliaupun bisa, kenapa kita tidak. Asal mau berusaha kita pasti bisa," kisah Pak Seno. Dari kekaguman, terinspirasi, akhirnya di rumah ia berlatih memainkan wayang. Hingga sekarang berulang kali ia menyebut Manteb Sudarsonolah salah satu inspiratornya.

Argentina, Belanda, Belgia, Polandia adalah beberapa negara yang pernah ia kunjungi. Animo masyarakat dengan wayang kulit, luar biasa. Disitulah terkadang ia merasa sangat haru dan bangga, bahkan sampai menangis. Bahwa di negara yang baru tahu wayang, antrian untuk menyaksikan pentas wayang, seperti menonton film box office. 

INSPIRASI DARI SEORANG SENO NUGROHO

Apa yang saya dapat dari Ki Seno? Tentunya inspirasi. Ditengah kemajauan IPTEK saat ini, beliau dan tim nya bisa membuat dan membawa konten lokal adiluhung. Mengunggah secara periodik di chanel youtube. Hingga terkadang saat malam semakin pekat, pertanda pagi segera mendekat, live streaming wayangan Pak Seno menjadi teman saya.

Bupati Tegal (Alm) yang juga seorang dalang juga demikian. Melalui youtube di sela kesibukan kantornya, juga pernah mengungkapkan sering lihat video Dik Seno, begitu Ki Enthus Susmono (Alm) memanggilnya.  Demikian juga Cak Kirun, Cak Percil dan juga dalang-dalang Jawa Timuran, seperti Ki Rudi Gareng, Sun Gondrong juga demikian. 

Hal lain, Pak Seno adalah tipe pembelajar sepanjang hayat. Terbukti dari penuturannya, kemampuan mendalangnya jika dipersentasekan baru 20%, masih terus banyak belajar. Dalang mesti tahu seni suara, tatah sungging, seni tari dan lainnya.

Dari Ki Seno juga, saya tambah mengerti bahwa, kesuksesan itu melalui proses yang panjang. Berawal dari terinspirasi Ki Manteb Sudarsono, nyantrik ke sana kemari, belajar dari dalang-dalang lain, hingga ia bisa menemukan bagaimana mayang, bagaimana ciri khas nya pakeliran ala Seno Nugroho. "Kudu nduwe gendera dhewe", artinya punya ciri khas tersendiri.

Sukses dan salam hormat untuk Panjenengan Pak.. Kisah lengkap tentang dirinya, beliau ceritakan sendiri di chanel youtube nya, "DALANG SENO", berikut:

Sumber, Youtube: Dalang Seno 

0 Response to "Seno Nugroho-Dalang Fenomenal Asal Bumi Mataram, Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel