Salut dengan Totalitas Tim Media Edukasi, Hendrik Hermawan dkk

Media Edukasi adalah label dari pengembang media pembelajaran. Entah bagaimana hal ihwalnya saya juga tidak tahu persisnya. Apakah memang Hendrik Hermawan pencetusnya, atau ide bersama dalam timnya, atau bagaimana saya juga belum nanya.

Salut dengan Totalitas Tim Media Edukasi, Hendrik Hermawan dkk

Kemarin, tepatnya 1 November 2019 Grup Workshop Video Pembelajaran seru memberbincangkan nominasi pemenang Membatik 2019. Bagaimana tidak, dari keempat kategori lomba, Video Pembelajaran, Game Edukatif, Multimedia Interaktif dan Augmented Reality, tiga diantaranya ada nama Hendrik Hermawan di sana. Hanya Multimedia Interaktif saja yang tidak ada.

Selain itu, sang penyelenggara workshop, Agus Dwianto, juga menjadi salah satu nominator, lomba yang diselenggarakan oleh Pustekom Kemdikbud itu. Owner Sangpengajar ini, menjadi nominator pada kategori video pembelajaran.

Salut dengan Totalitas Media Edukasi, Hendrik Hermawan dkk
  
Terlepas dari kualitas dan totalitas dari keduanya, ada pengalaman menarik saat saya mengikuti Workshop mereka. Kala itu, Ahad, 6 Oktober 2019 di sebuah Hotel di sebrang kampus IV Universitas Negeri di Surakarta, Amrani Syariah Hotel, menjadi perjumpaan kali kedua saya dengan Hendrik.

Materi diklat tersebut adalah pembuatan video interaktif melalui Power Point, yang kemudian kemudian diproses menjadi file html. Setelah jadi nantinya video tersebut dapat diakses melalui jaringan, baik online maupun offline.

Tatkala proses convert dari Power Point menjadi html, ternyata saya dan beberapa peserta mengalami kendala. Alhasil saya tidak bisa melanjutkan hingga workshop berakhir. Mau tidak mau materi pada hari itu tidak bisa maksimal saya mengikutinya.

Selang beberapa hari dari diklat itu, saya dan juga beberapa yang gagal, berusaha agar bisa tuntas menyelesaikan video kami. Share di grup, coba, gagal, coba lagi dan pada akhirnya saya belum bisa. Akhirnya japrian WA. Bahkah hingga leptop saya dikendalikan dari jauh sana, dengan teamviewer masih belum bisa.

Hasil belajar video ala kadarnya,  bisa KLIK DI SINI
Hingga pada akhirnya dengan saran dan arahan untuk mengunduh sofware tertentu yang file nya lumayan gede, hampir 300 MB, akhirnya bisa. Salut pokoknya untuk Tim Media Edukasi. Sabar dan telaten ngadepi peserta yang beragam. Semoga bisa menyemai benih inpirasi bagi siapa saja. Terlebih untuk saya pribadi.

0 Response to "Salut dengan Totalitas Tim Media Edukasi, Hendrik Hermawan dkk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel