Paguruan 4.0, Film Dokumenter Perjuangan Guru, The Winner EADC 2019

Paguruan 4.0 adalah film dokumenter yang diangkat dari perjuangan guru menghadapi era teknologi 4.0. Film besutan sineas muda, Abdy Firdaus dan Lyanta Laras Putri ini menceritakan perjuangan guru di Kabupaten Tabalong Kalsel.

Paguruan 4.0, Film Dokumenter Perjuangan Guru, The Winner EADC 2019
Sumber: https://www.useetv.com/
Dari lima finalis, film ini terpilih sebagai pemenang dalam kompetisi bertajuk BAKTI Indonesia. Tema yang diangkat di 2019 ini adalah perkembangan telekomunikasi di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

"Sekarang ini kita berada di era revolusi industri 4.0, dan kita melihat perjuangan guru-guru, khususnya di daerah-daerah itu luar biasa..."  demikian disampaikan oleh Lyanta, yang masih berstatus mahasiswa, ketika diwawancarai Metro TV saat Awarding Night di CGV Grand Indonesia Jakarta Pusat. Atas capaian ini, kelima finalis dianugerahi beasiswa unggulan dari Kemendikbud.

Paguruan 4.0 Raih Juara 1 dalam EADC 2019
Sumber, Youtube: Metrotvnews

Bagi saya pribadi sebagai seorang guru, ada hal yang menarik dan inspiratif dari film dokumenter ini. Pertama, film ini memotret realitas pendidikan kita di daerah 3T. Terlebih moment ini berdekatan dengan HGN (Guru Nasional) tahun 2019. Kedua, ide dan kreativitas sineas muda yang masih berstatus mahasiswa ini patut diacungi jempol.

Ketiga, hadirnya sosok Deni Ranoptri, guru inspiratif dari SDN 1 Nawin Hilir. Disamping memerankan peran utama sebagai guru yang melek teknologi, keseharian guru yang pernah menyambangi Perancis ini di dunia nyata juga luar biasa. Duta Rumah Belajar Terbaik tahun 2018.

Paguruan 4.0 tayang di Metro TV kemarin, Selasa, 26 November 2019 pukul 22.30 WIB. Bagi teman-teman yang tidak sempat menyaksikan, bisa lihat di sini:

Paguruan 4.0, Film Dokumenter Perjuangan Guru, The Winner EADC 2019
Sumber: https://www.useetv.com/
Keren kan film nya? Nah yang penasaran dengan Behind the scene pembuatan film ini bisa dilihat di chanel youtube eagle awards berikut:

Sumber, Youtube: eagle awards

0 Response to "Paguruan 4.0, Film Dokumenter Perjuangan Guru, The Winner EADC 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel