Mengubah Laporan PTK Menjadi Buku, Gampang Kok

Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) adalah sebuah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh guru. Laporan ini merupakan hasil dari penelitian yang dilakukannya di kelas. Sistematika untuk laporan PTK pun sudah ada ketentuannya.

Mengubah Laporan PTK Menjadi Buku, Gampang Kok

Secara teoritis memang penelitian tindakan kelas dilakukan untuk menemukan permasalahan, mencoba mencari solusi, kemudian mendokumentasikan secara sistematis dalam bentuk laporan PTK. Akan tetapi, ada sebagian guru mengadakan penelitian sebagai syarat kenaikan pangkat.

Kenaikan pangkat ke golongan tertentu mensyaratkan hal tersebut. Jadi guru  wajib menilaikan satu laporan PTK jika ingin naik pangkat. Sesuai buku 4, hal tersebut berlaku mulai mulai dari golongan III/d ke IV.a.

Berdasar PTK, guru bisa menilaikan dalam bentuk laporan PTK, atau dalam bentuk lain. Jurnal, Artikel populer di media massa, atau bisa juga dibuat menjadi buku ber ISBN. Nah untuk yang terakhir bagaimana cara mengubahnya, langkahnya sebagai berikut.

Langkah-langkah Mengubah Laporan PTK Menjadi Buku

Pertama, ubah judul PTK menjadi judul buku dengan bahasa populer. Misalnya judul PTK Penerapan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Makamhaji 01 Tahun Pelajaran 2019/2020. Judul ini dapat dirubah ke dalam bahasa populer menjadi judul buku, misalnya TPS Tingkatkan Hasil Belajar Matematika.

Kedua, ubah bab I (Pendahuluan) pada PTK menjadi bab I buku. Hapus rumusan masalah, manfaat, dan definisi operasional. Ubah juga kesenjangan berupa rendahnya hasil belajar, dan sebagainya dengan kondisi memprihatinkan yang terkait pembelajaran materi atau mata pelajaran yang kita PTK-kan.

Artinya, paparan kita tidak lagi hanya terbatas pada kondisi yang kita ampu. Pernyataan "Berdasarkan latar belakang di atas, penulis melakukan penelitian tindakan kelas...." diubah menjadi "Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian kelas yang berjudul...."

Ketiga, susun bab II dan bab III buku berdasarkan bab II PTK. Bab II pada buku diambil dari kajian teori yang pertama pada bab II PTK. Bab III buku diambil dari kajian teori yang kedua pada bab II PTK. Begitu seterusnya, jika masih ada kajian teori yang akan dikupas, tuliskan sebagai bab IV buku.

Bab V pada buku diangkat dari bab hasil penelitian dan pembahasan. Di bagian awal berilah pengantar, misalnya sebagai berikut. Uraian pada bab ini diangkat dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di ... pada .... Data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah .... yang dikumpulkan dengan instrumen .... Data dianalisis dengan ....

Subbab selanjutnya disusun mengikuti subbab pada bab hasil penelitian dan pembahasan. Dengan demikian tulisan kita sudah lengkap, sistematis, dan mudah dipahami oleh pembaca. Gampang kan? Syaratnya satu, sudah ada laporan PTK nya. Apa yang saya tulis di atas, saya dapat dari "Menulis dari Nol, Kupas Tuntas Penulisan dan Penerbitan Buku" yang ditulis oleh Agus Dwianto.

0 Response to "Mengubah Laporan PTK Menjadi Buku, Gampang Kok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel