10 Tips Menulis Artikel Blog yang Baik ala Deni Ranoptri

Menjadi seorang blogger tidak lepas dari menulis artikel. Artikel yang baik adalah konten utama dari sebuah blog. Tidak sedikit blog yang "mati suri" karena si empunya blog memang kehabisan ide untuk menulis. Lantas bagaimana menulis artikel blog yang baik?

"Membuat artikel jangan copas (Copy-Paste). Dapat satu atau dua paragraf, kemudian sisanya copas. Atau semua artikelnya copas. Itu akan menurunkan kredibilitas anda di search engine." Demikian ungkap Deni Ranoptri, seorang blogger kawakan. Di kalangan pendidik, ia termasuk yang lumayan lama terjun di dunia blogging.

10 Tips Menulis Artikel Blog yang Baik ala Deni Ranoptri

Lebih lanjut papar Guru Kalimantan Selatan, yang juga Duta Rumah Belajar terbaik tahun 2018 ini menambahkan, jika artikel yang kita tulis ori (original) dan unik maka search engine akan merekomendasikan artikel anda saat ada yang mengetikkannya di mesin pencari. Itu akan mendongkrak kredibilitas anda di mesin pencari. Jika kredibilitas anda OK, maka blog anda bukan tidak mungkin akan berada di Page One.

Nah, berikut 10 Tips menulis artikel blog yang baik ala Deni Ranoptri:

1. Buatlah sebuah umpan ketika mulai menulis artikel.
Umpan yang dimaksud dapat berupa inspirasi dan kata bijak yang terkait dengan topik yang kita tulis. Bisa juga dengan menyajikan sebuah statistik agar pembaca tertarik. Blog yang bagus adalah yang dapat memancing pembaca untuk terus membaca isi konten artikelnya. Dapat pula dengan menawarkan pertanyaan yang berhubungan dengan artikel.

2. Buatlah artikel disertai dengan tujuan yang jelas disetiap kalimat
Pastikan antara paragraf pertama dan berikutnya nyambung. Jadi pengunjung tidak bingung ketika membaca artikel tersebut.

3. Gunakan kiasan, pastikan jangan terlalu berat
Ada kalanya artikel yang kita tulis mengandung istilah-istilah asing. Atau istilah yang sulit dipahami pembaca. Kita dapat mensiasatinya dengan menggunakan kiasan.

4. Berikan diri anda sedikit otoritas
Jika kita memiliki kewenangan, kemampuan, tulislah artikel yang kita kuasai. Misal kita anda seorang Guru Kelas SD, akan tetapi punya kemampuan menulis materi tingkat SMP. Lakukan saja, selama anda punya otoritas. Terlebih konten-konten yang kita tulis miskin di mesin pencari.

5. Gunakan analogi dan perumpamaan untuk membantu pengunjung lebih mudah memahami subyek yang sulit
Hal ini beda-beda tipis dengan menggunakan kiasan di tips nomor 3.

6. Metafora dalam artikel bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk memperjelas maksud artikel.


7. Sebagai penulis artikel, pastikan untuk selalu percaya diri
Percayalah pada tulisan anda sendiri. Buka copy paste tulisan orang lain. Dengarkan saran, ide dan umpan balik dari pengunjung. Tetaplah memberikan kesan yang membangun secara konsisten.

8. Amati dan ukur kebiasaan pengunjung
Pengunjung itu butuhnya apa, apa yang dicari pengunjung. Misal di awal tahun ajaran baru, kebanyakan para guru mencari prota, RPP dan sebagainya.

9. Pastikan anda memiliki kemampuan menulis dan menyajikan artikel yang unik
Misalkan kita akan menulis suatu artikel, padahal itu sudah pernah ada yang menuliskannya. Maka disinilah kita harus pandai-pandai menuliskan apa yang unik dan menarik dari artikel kita. Bisa kita melengkapi atau menyajikan data pendukung misalnya. Jika artikel kita sama dengan yang sudah ada, atau kita copas, itu tidak unik. Buat judul yang lebih menarik, lengkapi, tambah ulasannya.

10. Pastikan anda memberi kesempatan untuk membantu pengunjung
Dengarkan saran, ide, dan umpan balik dari pengunjung. Jika dikritik, jangan marah, tidak perlu tersinggung. Tetaplah memberikan kesan yang membangun secara konsisten.

Membuat blog itu gampang, bahkan sangat mudah. Yang tidak mudah adalah apa tujuan kita ngeblog, bagaimana merawat, dan konsisten mengelola blog yang sudah dibuat.~Deni Ranoptri~.
Demikian tips menulis artikel blog dari Bang Deni (Demian) Ranoptri, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "10 Tips Menulis Artikel Blog yang Baik ala Deni Ranoptri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel