Solusi Jika Rumus Excel Tidak Bisa Menghitung Secara Otomatis

Microsoft Excel adalah aplikasi wajib yang harus dikuasai, jika keseharian kita berinteraksi dengan penghitungan. Terlebih bagi bapak ibu guru yang mendapat tugas tambahan sebagai bendahara BOS. Tentu tak asing dengan aplikasi ini.

Pernahkah anda mengcopy rumus dengan melakukan klik pada sudut kanan bawah sehingga kursor berubah menjadi tanda PLUS (+), kemudian menariknya ke bawah? Akan tetapi hasilnya otomatis tidak mau berubah? Jika pernah, saya pun juga mengalaminya.

Kita harus double click (mengaktifkan) cell di mana rumus berada. Setelah itu, kemudian menekan ENTER. Akan memakan waktu lama jika kita harus melakukannya berulang-ulang kan? Adakah solusi lain?

Ternyata cara mengatasi rumus excel tidak menghitung secara otomatis ini sebenarnya cukup sederhana. Hal ini terjadi karena Microsoft Excel disetting pada Manual Recalculation Mode, yang secara default seharusnya ada di Automatic. Untuk merubahnya, langkahnya sebagai berikut:

1. Pada Microsoft Excel, Klik File>Options

Solusi Jika Rumus Excel Tidak Bisa Menghitung Secara Otomatis

2. Klik Formulas, kemudian rubah dari Manual ke Automatic, kemudian klik OK.


Nah, silahkan dicoba. Meski simpel, akan tetapi jika belum ketemu solusinya kadang membuat pusing kepala. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Solusi Jika Rumus Excel Tidak Bisa Menghitung Secara Otomatis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel