Menelusuri Jejak Riski Prabaswara, Juara OGN Matematika SD 2019

Gelaran OGN (Olimpiade Guru Nasional) tahun 2019 paripurna. Menyisakan torehan sejarah bagi para juara. Pun kepada seorang Riski Prabaswara.

Riski Prabaswara (riskiprabaswara) adalah nama IG (instagram) dari Riski. Ya, nama aslinya Riski,  Pak Guru ini mengajar di SD Sidotopo I Kota Surabaya. Pada OGN tahun 2019, ia berkompetisi dengan 34 Finalis Mapel Matematika SD. Puncak kegiatan OGN tahun 2019 dilaksanakan di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta, 29 April 2019 lalu.

Menelusuri Jejak Riski Prabaswara, Juara OGN Matematika SD 2019
Riski, keempat dari kiri, dalam Penyerahan Penghargaan kepada para Juara OGN, Sumber: IG yuninaresmi
Keseluruhan Finalis OGN 2019, terdiri dari 280 peserta. Terdiri dari 238 peserta terbaik hasil seleksi berjenjang OGN Pendidikan yang diselenggarakan di 33 Provinsi di Indonesia dan 42 orang peserta terbaik hasil Seleksi Daring Terpusat yang diselenggarakan melalui laman https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id/.

Kebiasaan jelek saya adalah menelusuri jejak guru-guru keren di Indonesia. Laman pertama yang saya kunjungi adalah Padamu Negeri. Sebelum informasi NIK di padamu.siap.web.id disembunyikan, saya leluasa dapat menelusuri dimana guru-guru keren itu mengajar. Bermodal NUPTK dan tanggal lahir mereka saya dapat menelusur ke lembar info PTK mereka. Ups, mohon dimaafkan ya Pak, Bu.

Baca Juga: Memahami Struktur NIK

Mungkin yang kepo seperti itu tidak hanya saya,  sehingga sekarang NIK tidak ditampilkan lagi.  Menghindari penyalahgunaan mungkin ya? Ferry Fadly Kurniawan dan Yunina Resmi Prananta adalah dua diantara tiga besar OGN tahun 2017 yang berhasil saya telusuri jejaknya. Hingga sekarang saya berteman dengannya di dunia maya.

Bagi saya,  mereka yang juara,  tentu memiliki langkah sebelumnya yang dapat kita teladani. Itu pasti bukan satu-satunya torehan prestasi nya.  Tentu ada prestasi lain yang bisa menginspirasi kita semua.

Benar saja,  Riski adalah satu dari guru-guru yang ikut program BMGD (Bantu Guru Melihat Dunia)  dengan negara tujuan Jepang. Dirinya dan Bu Yunina Resmi Prananta pernah berkolaborasi mengenalkan budaya Indonesia saat bertandang ke negeri Sakura itu.

Menelusuri Jejak Riski Prabaswara, Juara OGN Matematika SD 2019
Yunina Resmi Prananta (paling kiri) dan Riski (paling kanan), BMGD Jepang 2018
Sumber: https://www.menpan.go.id
Terlepas dari Riski,  Yunina Resmi Prananta juga tak kalah keren. Ibu guru yang juga pernah ke Belanda 2018 lalu ini, memiliki segudang prestasi baik lokal, maupun nasional, hingga mengantarkannya ke luar negeri. 2018 lalu ia termasuk 15 besar PNS Inspiratif yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)

LAMPU HIJAU, SELEMBAR KERTAS DAN IMPIAN

Salah satu kunci sukses Riski adalah restu dari umik(ibu)nya. Kekepoan saya tentang Juara OGN ini,  tak sengaja membawa saya hingga ke blog nya.  Dalam Tulisannya "Lampu Hijau, Selembar Kertas dan Impian. Ia ceritakan proses seleksi BMGD itu, hingga ia dinyatakan sebagai satu diantara sepuluh orang guru program Bantu Guru Melihat Dunia.

Menelusuri Jejak Riski Prabaswara, Juara OGN Matematika SD 2019
Yunina Resmi Prananta dan Riski, PPI BMGD Jepang 2018
Sumber: IG ppidunia
"Pendek cerita, kujalani setiap sesi dengan perasaan enjoy dan nothing to lose. Karena saya meyakini bahwa manusia mempunyai garisnya sendiri-sendiri. Jepang, negara yang sejak dulu kuimpikan. Semoga dimudahkan" begitu tulisnya.

Norma Keisya AvicennaAgus Dwianto,  Birrul Qodriyah,  Warsito Purwo Taruno, Yunina Resmi Prananta, Riski adalah deretan sosok inspiratif bagi saya, yang berani menuliskan mimpi mereka.  Melangitkan dengan doa, merealisasikan dengan langkah pasti dan terukur. Membiarkan semesta mendukungnya, hingga suatu saat mereka mencoret impian itu, karena mimpi perlahan menjejak nyata.

Demikian catatan kecil, tentang kekepoan saya pada sosok Riski Prabaswara. Selamat untuk Pak Riski!, semoga menjadi inspirasi untuk kita semua. Terimakasih Bu Yunina, telah mengijinkan saya, Guru biasa, yang siap naik kelas kapan saja, meminta satu foto dari koleksi IG nya.

0 Response to "Menelusuri Jejak Riski Prabaswara, Juara OGN Matematika SD 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel