Kesharlindungtendik, SIMLKTI untuk Kepala Sekolah, Pengawas, Widyaiswara dan Tendik Lainnya

Sekilas tentang SMLKTI

Sistem Informasi Lomba Karya Tulis Ilmiah (SIMLKTI) seperti yang disampaikan Dakroni (admin) di blognya, https://gurindo.id, merupakan layanan aplikasi berbasis web yang dimiliki Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Pendidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen GTK Kemendikbud).

Aplikasi ini dikembangkan pertama kali pada tahun 2015-2016 atas inisiasi Kepala Seksi Penghargaan Sub Direktorat Kesharlindung Dikmen Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah yang saat itu diduduki Dr. Romi Siswanto. Direktorat tersebut merupakan satu dari lima direktorat yang dimiliki Ditjen GTK Kemendikbud. 

Kesharlindungtendik, SIMLKTI untuk Kepala Sekolah, Pengawas, Widyaiswara dan Tendik Lainnya

Sebelum menggunakan aplikasi SIMLKTI, proses administrasi lomba dilakukan dengan sistem konvensional. Kondisi ini memiliki kelemahan, salah satunya adalah jangkauan peserta yang terbatas. Akibatnya pemberian penghargaan pun menjadi tidak maksimal. Di sisi lain, sistem konvensional menjadikan proses administrasi kurang efektif. Para peserta di luar daerah yang hendak mengirimkan karyanya mesti menggunakan jasa pengiriman agar sampai ke kantor pelayanan.

Selain itu, tumpukan berkas di ruang pelayanan menjadi pemandangan yang cukup mengganggu karena jumlah begitu banyak. Kemungkinan berkas terselip pun menjadi hal yang mungkin saja terjadi. Demikian lanjut Dakroni dalam "Mengenal SIMLKTI Kesharlindung"

Beda Jenjang beda Alamat

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2017 aplikasi seperti yang disampaikan di atas diadopsi oleh layanan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar yaitu pada Sub Direktorat Kesharlindung Dikdas. Penggunaannya tidak jauh berbeda, hanya saja sasaran dari peserta lomba yang diperuntukan bagi guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kemudian pada tahun 2019 Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah juga turut mengengembangkan aplikasi ini dalam memberikan penghargaan kepada tenaga pendidik.

Jadi, di tahun 2019 ini SIMLKTI Ditjen GTK Kemendikbud terbagi menjadi tiga. Yakni:
  1. http://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id, untuk guru Pendidikan Dasar (SD dan SMP)
  2. http://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id, untuk guru Guru Pendidikan Menengah (SMA, SMK dan Pendidikan Khusus)
  3. http://kesharlindung.tendik.kemdikbud.go.id, untuk Tendik di Bawah Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Cara Memperoleh Akun Kesharlindungtendik

Untuk memperoleh akun Kesharlindungtendik, berikut langkahnya:
1. Masuk ke laman http://kesharlindung.tendik.kemdikbud.go.id, kemudian klik Registrasi

2. Isikan data diri sesuai dengan yang diminta pada kolom isian


Yang perlu kita cermati dan diingat baik-baik adalah akun login. Tiap kali kita akan masuk ke laman yang dituju, akan diminta Username (biasanya NUPTK) dan Password. 


3. Jika semua isian sudah diisi, kemudian klik daftar. 

Setelah kita memiliki akun, barulah kita dapat login ke laman kesharlindungtendik, untuk mengikuti kegiatan-kegiatan lomba. Tentunya masing-masing lomba memiliki ketentuan tersendiri.

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Kesharlindungtendik, SIMLKTI untuk Kepala Sekolah, Pengawas, Widyaiswara dan Tendik Lainnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel