FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) SD Tingkat Kecamatan Kartasura Dimeriahkan Penggiat Seni Surakarta

Seni adalah kreativitas tanpa batas, ekspresi tak bertepi. Mengembangkan kemampuan ber olah rasa, dengan tidak mengesampingkan olah pikir dan olah raga. Bertepikan adat ketimuran dengan batasan ajaran agama yang dianutnya, melahirkan karya seni yang enak untuk dinikmati.

FLS2N (Festival Lomba Seni Siwa Nasional) tingat Kecamatan Kartasura hari ini, Selasa 2 April 2019, menampilkan karya-karya kreatif anak-anak usia Sekolah Dasar. Kolaborasi antara ide guru, dengan bakat serta kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing peserta.

FLS2N
Penampilan Peserta Memukau Juri (Dokumentasi Pribadi)
Ada 5 Cabang  lomba FLS2N 2019 SD yang digelar oleh panitia penyelenggara. Seni tari, pantomim, solo vokal, gambar bercerita, dan kriya anyam. Peserta berasal dari anak-anak SD/MI se Kecamatan Kartasura, baik negeri maupun swasta. Kegiatan ini bersifat seleksi. Juara 1 dan 2 dari masing-masing cabang lomba akan berkompetisi di tingkat kabupaten, hingga nanti melaju ke tingkat nasional.

JALANNYA LOMBA

FLS2N 2019 tingkat Kecamatan Kartasura, dibuka oleh Kormin (Koordinator Layanan Administrasi Satuan Pendidikan Kecamatan) Kartasura, Drs. Jupri Ikhsani, M.Pd. Diawali dengan bacaan basmalah, bertempat di Aula ex UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan tersebut.

FLS2N adalah
Pembukaan Lomba oleh Kormin Kartasura (Dokumentasi Pribadi)
Hadir pula dalam kegiatan tersebut, pengawas TK/SD dan pengurus K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) Kecamatan Kartasura. Bertindak sebagai panitia adalah Tim Lomba K3S. Juri dalam kegiatan ini juga melibatkan penggiat seni di wilayah Surakarta. Salah satunya adalah Gigok Anuraga. Seniman teater dari Surakarta ini, berperan sebagai juri pantomim seperti halnya tahun-tahun sebelumnya.

Gigok Anuraga
Bersama Gigok Anuraga, Penggiat Seni Surakarta (Dokumentasi Pribadi)
Pelaksanaan lomba terbagi menjadi dua tempat. Di kantor Kormin Kartasura dan SD Negeri Pucangan 03. Seni tari di aula Kormin, pantomin di ruang penilik Kormin Kartasura. Sedangkan gambar bercerita, solo vokal dan kriya ayam, bertempat di beberapa ruang kelas SD Negeri Pucangan 03.

PARA PEMENANG

FLS2N 2019
Juara 1 Cabang Seni Tari bersama Kepala Sekolah (Dokumentasi Pribadi)
Dari rangkaian lomba yang dilaksanakan dari pukul 07.30 hingga berakhir pukul 12.00 tersebut, terpilihlah para juara lomba. Anak-anak kreatif, besutan pelatih-pelatih yang tak kalah kreatifnya. Tampil sebagai pemenang Cabang Seni Tari adalah SD Negeri Pucangan 02. Penampilan trio energik itu, memukau juri dan puluhan pasang mata yang hadir di aula saat itu.

FLS2N SD 2019 Sukoharjo
Runner Up Cabang Pantomin, SD Widya Wacana X (Dokumentasi Pribadi)
FLS2N SD 2019 Sukoharjo
Juara 1 Cabang Kriya Anyam, SD Negeri Pucangan 03 (Dokumentasi Pribadi)

Untuk cabang Pantomin keluar sebagai juara adalah SD Negeri Pabelan 02. Dihadapan juri, Gigok Anuraga, para peserta unjuk kreativitas masing-masing. "Yang juara 1 dan 2, hampir sama kreatifnya, meski yang lain juga bagus" ungkapnya. Tampil sebagai runer up, SD Widya Wacana X Kartasura. Sedangkan Solo Vokal, gambar bercerita, dan kriya anyam berturut-turut juara 1, SD Widya Wacana X, SD Negeri Ngadirejo 01 dan SD Negeri Pucangan 03.

0 Response to "FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) SD Tingkat Kecamatan Kartasura Dimeriahkan Penggiat Seni Surakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel