Belajar Multimedia Pembelajaran Berbasis "Aplikasi Sejuta Umat", Power Point

Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Itu motto rumah belajar kemdikbud. Memantik sesiapa, termasuk saya, Guru biasa yang siap naik kelas kapan saja, agar senantiasa tak jemu untuk terus belajar.

Belajar memang bisa autodidak, dapat juga bersama. Meski menurut saya, jikapun hasilnya sama, prosesnya tentu berbeda. Terlebih belajar bersama kepada ahlinya.

Belajar Membuat Game Android dengan Aplikasi Sejuta Umat, Power Point
Penyampaian Materi Oleh  Nara Sumber
Dalam kisah klasik Mahabharata, ada beberapa ksatriya-ksatriya yang jago olah senjata. Sebut saja, Bima dan Dursasana dengan senjata gada, juga Arjuna dan Karna dengan panah dan gandiwanya. Mereka ksatriya-ksatriya mahir senjata, dengan berguru pada ahlinya.

Akan tetapi ada seseorang yang mahir memanah, tak kalah dengan Arjuna, tanpa guru yang membimbingnya. Ajukan menjadi murid pada seorang begawan, tapi kekecewaan yang ia terima. Iapun berlatih sendiri penuh sugesti, sebuah patung begawan tersebut. Diletakkannya patung itu ditempatnya berlatih panah, layaknya guru yang menunggui muridnya berlatih. Ia adalah  Bambang Ekalaya.

Terlepas dari autodidak atau belajar pada ahlinya, bagi saya itu kondisional. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, dua-duanya bisa kita jalankan. Mau autodidak, oke, belajar dengan ahlinya, kenapa tidak.

POWER POINT-ANDROID

Pagi ini, Ahad 28 April 2019, kembali sangpengajar.com menggelar Workshop Multimedia Pembelajaran Android Berbasis Powerpoint. Meski ini tergolong sudah beberapa tahun lalu banyak yang mempelajarinya, bahkan banyak yang sudah mahir, akan tetapi ini menjadi pengetahuan baru untuk saya. Maka.. ya, mau dibilang saya ketinggalan, tidak apa-apa.

Kegiatan diawali dengan registrasi peserta, dilanjutkan sesi opening oleh Agus Dwianto, owner sangpengajar.com. Dibuka dengan bacaan basmalah, dilanjutkan refreshing sejenak dengan kahoot. Biasanya pemenang Quis kahoot ini adalah peserta yang duduk di deretan depan, dekat layar LCD, alasannya lebih jelas lihatnya.

Belajar Membuat Game Android dengan Aplikasi Sejuta Umat, Power Point
Doorprize untuk Peserta yang Beruntung
Itu tak sepenuhnya benar, kecepatan dan ketepatan jawab, serta koneksi internetlah penentunya. Buktinya saya yang duduk jauh di deretan belakang dapat hadiah doorprize. Top level pula, he.he. Lumayan, dapat doorprize buku, gratis. Saya ucapkan terimakasih kepada Drs. D. Roch Ediyanto, guru SMP Kanisius Wonogiri yang berkenan mengikhlaskan "Pak Guru Mursid Memaknai Panggilan Sebagai Guru" untuk saya.

Baca Juga: Bermain Kuis Interaktif dengan KAHOOT

Dilanjutkan materi utama, dua narasumber ahlimedia.com dari Universitas Negeri Malang, Mas Teguh Arie Sandy dan Mas Andri Setiawan. Diawali dari instalasi Ispring bagi yang belum instal. Kemudian dilanjutkan dengan membuka aplikasi Office Power Point masing-masing dan mulai membuat kerangka multimedia interaktif.

Sebanyak 145 peserta dari berbagai daerah, turut serta dalam workshop yang bertempat di Red Chilies Hotel Solo tersebut. Antusiasme peserta mengikuti kegiatan hingga akhir patut diacungi jempol. Meski pada saat finalisasi hasil menjadi aplikasi android, ada beberapa kendala yang mesti diterima oleh peserta.

Mudah-mudahan workshop hari ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi peserta, menjadi amal jariyah bagi pemateri, Sebagai pengingat diri bahwa ilmu itu mesti dicari dan didatangi. Diikat dengan "tali" agar tak lari saat hari silih berganti.

0 Response to "Belajar Multimedia Pembelajaran Berbasis "Aplikasi Sejuta Umat", Power Point"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel